/* Tambahan Google Analytics ----------------------------------------------- */
 

Welcome

Selamat Datang Di Blog Randhy Graphic

Mengambar Motor menggunakan CorelDRAW

Thursday, 27 October 2011

                Hallo Bro semua, kali ini kita akan belajar bagaimana cara mengambar sebuah motor kesayangan Anda dikomputer dengan menggunakan CorelDRAW versi berapapun. Dengan menggunakan CorelDRAW maka akan sangat memudahkan Anda dalam proses menggambar motor tersebut. Daripada ngomong ngalor-ngidul gak bubar-bubar, mending kita langsung mulai aja Bro! pertama-tama, ya kudu buka doeloe CorelDRAW dikomputer Anda.


Naah, setelah Anda membuka Corel, langsung aja inget-inget motor apa yang akan kita gambar? Boleh motor kita ndiri, motor bo-nyok, motor temen ato tetangga juga boleh. Asal jangan motor curian aja deh?!
Kalo udah dapet gambaran motornya, langsung azza gambar tuh motor, terserah mo gambar apanya dulu? Itu tergantung selera Anda, coz Pria Punya Selera,.. lho ko malah iklan??
Kali ini saya akan menggambar bagian RODAnya terlebih dahulu. Untuk menngambar roda, pertama buatlah sebuah lingkaran(ya iyalah, roda kan bulet! Masa kotak?!).

Agar lingkaran yang Anda buat bulat sempurna, saat membuatnya sambil ditekan Ctrl ya bro, lalu di drag. Setelah jadi sebuah lingkaran roda awal, lalu copas lingkaran itu sebanyak 4kali(banyaknya bisa menyesuaikan) dan taruh ditengah-tengah lingkaran pertama.

Sekarang ada 5 buah lingkaran yang telah Anda buat, lingkaran pertama adalah bagian luar ban, lalu yang kedua adalah bagian dalam ban, linkatan ketiga dan keempat adalah peleknya, dan lingkaran yang paling dalam adalah batas pelek, gunakan lingkaran tersebut untuk melubangi tiap-tiap dari lingkaran yang telah dibuat sebelumnya. Carane, lingkaran yang akan dilubangi di tumpuki lingkaran yang paling kecil lalu diseleksi dan klik “Back Minus Front”, maka hasilnya akan seperti ini.

Kalo ingin diwarnai langsung bole, ntar belakangan juga boleh, terserah Anda ajja,.. setelah jadi, buat palang-palangnya pelek bro,.. biar gampang kita buat aja pelek model bintang, bintangnya bisa kita ambil dari langit, eh salah, maksudnya dari ikon bintang(Star Tool) di toolbar sebelah kiri.
Buat 2 buah bintang bro, yang satu kecil. Buat motong bintang yang pertama biar jadi pelek bintang beneran.

Kalo udah, bintangnya diseleksi trus pilih Back Minus Front dan klik Apply yo,.. trus kasih lingkaran kecil ditengahnya lalu gabungkan(Weld). Maka hasilnya akan seperti ini.

Naah, jadi deh roda motor lengkap dengan pelek bintangnya J cukup baguskan,.??hehe
Kalo udah, kita buat yang laen coy! Mau buat apa dulu,.?? Body motor?? Oke daaaah, langsung azza, . .

Buat body motor tergantung keinginan kita, mau dibuat gini boleh, kaya gitu juga boleh. Yaaah, sesuai imajinasi kita aja bro.

Pertama-tama gambarlah menggunakan Polyline Tool agar memudahkan kita untuk membuat bentuk dasar seperti gambar di atas. Setelah jadi bentuk dasar, buatlah beberapa bagian dari garis-garis lurus tadi menjadi melengkung agar lebih enak dilihat.
Setelah selesai, lalu kita gambar body-body laen bro. contohnya ya kek gini.

Gambar diatas adalah gambar dari body depan dan spatbor/selebor motor. Agar menarik, baiknya bentuknya dilengkungkan sehingga tak terlihat kaku(body kaku, kuno euy,.!!) trus kalo udah, kita buat sok breaker depan dulu yaa,..

Untuk membuat sok breaker, adalah dengan cara membuat kotak dengan menggunakan Rectangle Tool atau cukup dengan memencet tombol F6 ajja,.. kotak(persegi panjang)nya udah jadi, trus tinggal kita miringin ajja, klik 2kali di objek(kotak) trus diputer,.. dijilat,.. di celupin,.. (mank ORE-biiip(sensor))hehe pokoke koyo gambar diatas yo,.?? Ngerti tho bro,.??

Kalo udah, kita lanjut lagi buat body belakang cuiy,.. modelnya, ya terserah sampeyan, . .
Gini nih contohnya,..

Trus kita buat joknya bro,..

Buat lekukan pada jok agar nyaman buat bokong dan enak dikendarai, posisikan jok boncenger lebih tinggi dari jok pengendara ya bro. Biar enak kalo boncengin si“yayang” :D (yang ini ato yang itu?)
Yang satu ini jangan sampe kelupaan bro, bisa bahaya! Ban belakang blum digambar euy! Bisa repot kalo gak ada ban belekange,.. yuk kita gambar dulu. Tapi gak perlu repot-repot kaya pas gambar ban pertama tadi, cukup di copas aja gambar tadi bro.

Naah, jadi tooo,.?? Ban yang sama persis ama yang kita buat tadi(ya iyalah, secara,.. copas meen) trus bannya kita taroh dibagian belakang motor bro, jangan taruh disembarang tempat!hehe
Kini saatnya kita buat bagian mesin atau dapur pacu dari motor kite. Karena ini motor matic, jadi mesin utamanya kagak kelihatan. Jadi ya kita gambar CVTnya ajja. Biar simpel, kita gambar CVTnya cukup kotak aja bro. yaah, namanya juga belajar. Jadi yaa yang simpel dulu aja ya,..

Tuuh CVTnya dah jadi, kalo posisinya gak pas ya di pasin ndiri, kalo kurang miring ya dimiringin ndiri, oke,.?? Trus biar lebih menarik, kasih gambar buletan yaa.
Hemp, sekarang gambar apalagi yaa,.?? Umh, setang motornya belum,.. langsung aja kita buat, simpel kok. Cekidot!

Untuk membuat setang, pake bantuan Polyline Tool. Gambar dulu bagian dasarnya(hitam) baru deh gambar body detailnya(merah). Trus kita buat grip gasnya juga yaa,..
Secara keseluruhan, kita telah selesai menggambar sebuah motor. Kini, kita percantik gambar motor kita tadi dengan detail-detail yang menarik.
Pertama kita buat lampu depan dulu deh, carane ya gambae aja pake Polyline Tool, trus dilengkungin tuh garis-garis lurusnye.

Cukup baguskan lampu motor kita,.?? Lanjut deh ketempat laen, buat lampu belakang bro. lampu belakang kita buat simpel aja deh.

Detail udah jadi, nah yang terakhir kita buat sok breaker belakang ama spetbor belakang juga. Biar gak nyiprat-nyiprat kalo ujan, sekarangkan udah mulai musim ujan bro.

Bikin sok belakang caranya sama seperti membuat sok depan tadi. Pertama buat kotak(persegi panjang) trus dimiringin sesuai kebutuhan. Kita buatnya simpel aja dulu, cz kalo mau bikin gambar sok breaker belakang yang nyata(ada pegas spiralnya) cukup sulit, kita bahasnya laen waktu aja deh. Ini juga lagi bru-buru mau kuliah soale,..hehehe jadi sekarang cukup kotak dulu aja. Trus dilanjut bikin spatbor belakang, pake Polyline Tool ya bro,.. bentuknya terserah, contone kaya gini nih,..

Naaaaaaaaaaaaaaaaaaaah, jadi deh gambar motor made in dewe :)

Gimana? Cukup bagus ato kurang bro,.?? kalo kurang ya maklum laah, kitakan masih dalam proses belajar, jadi ya hasilnya masih simpel. Kalo mau bikin yang bagus, detail en kaya nyata, yaa harus rajin-rajin gambar en latian tentunya,..
Ingat, Practice Make Perfect bro, . .
Selamat berjuang, semoga artikel ini membantu :)



Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

1 comments:

Santy Ninet said...

tutoriale sg tag ajari kae to beb...???

Post a Comment